12/01/12

Inilah Rumor Suku Maya dan Tahun 2012

Bicara tentang tahun 2012 ini  acap dihubungin dengan tahun kiamat. Walaupun belum muncul fakta-fakta yang cukup, rumor tentang kiamat di tahun 2012 sering banget kita dengar dan sedikit dibesar-besarkan seiring dengan munculnya film bertajuk 2012. Apakah ini rumor yang sengaja dipublikasikan untuk mengejar kepentingan dan bisnis tertentu? Coba kita cari tahu bareng-bareng, yuk.

Kalau kita urutin sih, rumor kiamat di tahun 2012 selalu merujuk pada ramalan Suku Maya yaitu penanggalan mereka yang berhenti pada tanggal 21 Desember 2012. Banyak yang beranggapan bahwa hari itu juga menjadi saat berakhirnya kehidupan di dunia. Suku Maya memang dikenal sebagai bangsa yang maju di bidang teknologi dan astronomi pada zamannya, serta tingkat akurasi ramalan yang tinggi dan membuat mereka cukup diperhitungkan.

Lalu apa arti tanggal 21 Desember 2012 bagi suku Maya pada umumnya? Cukup mencengangkan, Leonzo Barreno, seorang ahli Maya dari Kanada mengatakan bahwa konsep kiamat adalah interpretasi orang-orang yang salah dari kalender hitung panjang suku Maya. Dosen University of Regina itu 23 tahun lalu dilatih khusus oleh tetua bangsa Maya untuk membaca kalender.

''Ada dua sisi yang berlawanan saat ini. Di satu sisi kalender ini dihubungkan dengan kiamat, sedangkan versi lain dari Suku Maya sebenarnya beranggapan bahwa tanggal ini adalah momentum kegembiraan, bukan sesuatu yang menakutkan,'' jelas Leonzo.

Lalu kenapa ya kisah tentang kiamat ini melebar sampai-sampai menjadi ketakutan publik? Menurut Leonzo jawabannya simpel banget, karena wartawan lebih banyak menyorot sensasi dan mengembangkannya sendiri, tanpa mewawancarai Suku Maya lebih mendalam. "Bahkan, orang Maya hanya terlihat lima detik dalam film 2012,'' tandasnya

Dengan mengetahu alasan kenapa kiamat 2012 sangat mencuat di masyarakat, kita harusnya menanggapi biasa saja tidak usah berlebihan atau merasa takut. Tunggu saja faktanya.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar