25/01/12

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata cengkeh memiliki manfaat selain sebagai bumbu dapur, cengkeh menyimpan banyak manfaat kesehatan. Tangkai bunga kering beraroma dengan nama latin Eugenia aromaticum ini memiliki banyak sifat penyembuhan.

Seperti dikutip Times of India, cengkeh membantu merangsang sirkulasi enzim yang berhubungan dengan pencernaan dan metabolisme. Dalam terapi pengobatan China, rempah yang tumbuh di daerah tropis ini dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan lambung, seperti muntah.

Studi Miguel Hernández University, Spanyol, mengidentifikasi cengkeh sebagai rempah dengan kandungan zat antioksidan terbaik, dibandingkan rempah lain seperti oregano (Origanum vulgare), thyme (Thymus vulgaris), rosemary (Rosmarinus funcionarios cinalis) dan sage (Salvia funcionarios cinalis).

Dengan kandungan senyawa phenolic yang tinggi, cengkeh masih menyimpan sejumlah manfaat kesehatan. Coba gunakan ramuan cengkeh untuk mengatasi gangguan kesehatan berikut:

StresDidihkan air bersama cengkeh, daun kemangi, dan daun mint. Saat stres mendera, gunakan racikan ini sebagai minuman hangat. Agar rasanya lebih nikmat, campurkan sedikit madu ke dalamnya. Ramuan ini cukup membantu meredakan ketegangan.

Sakit gigiMinyak cengkeh bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Sifat antiseptiknya juga membantu mencegah infeksi pada gigi. Terapkan minyak cengkeh pada area gigi yang bermasalah.

Gangguan pencernaanCengkeh meningkatkan aliran enzimatik yang berperan meningkatkan fungsi pencernaan. Rempah ini membantu meredakan iritasi lambung dan organ pencernaan lainnya. Campur bubuk cengkeng kering dengan madu. Sifat anestesinya membuat ramuan ini cukup efektif mengendalikan nyeri perut dan muntah.

BatukCampur cengkeh dengan sedikit garam. Kunyah ramuan ini untuk mengatasi batuk berdahak dan mencegah iritasi pada tenggorokan. Mengunyah cengkeh yang dibakar juga memberikan manfaat serupa.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar