11/03/12

5 Cara Mencegah Kerutan di Wajah

Banyak wanita memakai produk kecantikan saat berada di tempat terbuka atau di bawah sinar matahari untuk mencegah munculnya garis-garis halus atau keriput. Sebenarnya, ada taktik lain yang sederhana namun berdampak sama dahsyatnya.

Penelitian menunjukkan saat tubuh stres, bahan kimia di kulit dilepaskan dan menyebabkan peradangan. Pada gilirannya akan mempercepat proses penuaan kulit. Peneliti menemukan cara santai untuk mengikis molekul stres sekaligus mengikis keriput halus di wajah, seperti dimuat dalam Redbook.

1. Mengatur napas
Bernapas terburu-buru membuat tubuh stres, ditandai dengan antara lain denyut jantung dan tekanan darah meningkat. "Menarik napas panjang menghentikan ujung saraf menembakkan neuropeptida yang merusak," kata Susan Blum, MD, asisten profesor klinis kedokteran di Mount Sinai School of Medicine di New York City.

Untuk memperlambat penuaan, tarik napas panjang dan tahan di perut, lalu buang perlahan. Lakukan beberapa kali untuk menenangkan diri.

2. Cuci wajah saat tiba di rumah


Sebagian besar wanita melewatkan perawatan kulit termasuk mencuci muka saat lelah dan stres. "Menjadikan ini sebagai rutinitas benar-benar membantu wanita mencegah munculnya keriput," kata Jessica Wu, MD, asisten profesor klinis dermatologi di University of Southern California dan penulis "Feed Your Face".

3. Berhubungan seks


Hubungan intim dan bermesraan dengan pasangan akan melepaskan endorfin yang melindungi kolagen kulit serta oksitosin, yang menurunkan kimia stres, kortisol.

4. Olahraga low impact
Yoga dapat menenangkan saraf, meski tak dilakukan selama 90 menit. "Bukan tentang berapa lama Anda berolahraga dan melakukannya secara teratur. Yang dibutuhkan adalah melatih tubuh agar dapat bersantai dengan cepat," ungkap Blum.

Yoga selama 10 menit lima kali seminggu bisa menurunkan kadar kortisol. Meditasi 10 menit,  dengan mata terpejam, menarik napas dalam dan merilekskan tubuh sambil mengulangi frase menenangkan seperti 'aku merasa damai' akan mengurangi neuropeptida yang mempercepat munculnya kerutan di wajah.

5. Pijatan


Pijatan selama lima menit pada area yang tepat di kulit wajah membuat kulit mengencang instan. "Anda harus memijat kelenjar getah bening untuk mengalirkan air yang menyebabkan pembengkakan di wajah," kata Joanna Vargaz, pemilik salon di New York City, yang memiliki klien termasuk Rachel Weisz dan Sofia Coppola.

Caranya, satukan jari telunjuk dan jari tengah di masing-masing tangan. Kemudian, di mulai dari bawah telinga, pijat perlahan dengan gerakan memutar ke arah bawah leher hingga menyentuh tulang leher, Ulangi lima kali.

Selanjutnya, lakukan gerakan yang sama dimulai dari dagu kemudian ke bawah tulang rahang dan ke arah telinga. Ulangi sebanyak lima kali. Jika bagian bawah mata bengkak, pijat lembut dimulai dari sudut dalam ke arah luar, lalu dari pelipis ke sisi wajah.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar