17/03/12

Cara Mengatasi Kaki Lelah

Kaki menjadi bagian tubuh yang sering diabaikan. Namun jika bagian ini terasa pegal, jangan lupa untuk memanjakannya juga. Anda bisa mengunjungi tempat pemijatan untuk kaki dan memberikan relaksasi yang tepat. Namun jika terhalang oleh waktu maupun dana, cobalah merawat kaki lelah Anda di rumah.

Berikut ini adalah cara terbaiknya menurut versi Times of India, Kamis (15/3).

Jagalah kebersihan kaki Anda merupakan bagian yang terpenting. Hal ini disinyalir dapat menghindari kerusakan maksimum pada kaki Anda. Pastikan menggosok kaki dan mencucinya usai melakukan aktivitas maupun ketika tiba di rumah. Dengan hal tersebut, bakteri yang menempel pada kaki dari sepatu maupun sandal akan hilang.

Jaga juga kuku Anda agar selalu bersih. Potong kuku agar pendek untuk menghindari segala bentuk luka patah maupun tergores akibat panjangnya kuku. Terlepas dari panjangnya kuku, pastikan membersihkan kotoran pada kuku dan memotongnya secara teratur.

Celupkan kaki ke dalam air hangat. Cara ini membantu ketika kaki yang lelah dan terluka. Hal tersebut memberikan efek menenangkan pada kaki Anda.

Jika tumit Anda retak, lakukanlah pedikur di rumah secara teratur. Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam kristal untuk membersihkan kaki dan beberapa tetes shampo minimal selama 15 menit atau hingga air menjadi dingin.

Kemudian ambil pengerik kaki atau batu apung untuk mengikis kulit mati dari tumit. Oleskan scrub pada kaki dan gosok perlahan untuk menghilangkan kotoran. Cuci kaki Anda dengan air dingin, keringkan dan oleskan pelembab untuk kaki.

Kaki Anda akan terasa lembut setelah melakukan ritual tersebut. Ketika tidur ataupun bersantai, luruskan kaki Anda agar seluruh otot rileks. Jika memungkinkan, berikan kaki pijatan dengan minyak zaitun atau minyak vitamin E. Selain baik untuk kesehatan kulit, perawatan itu juga dapat melemaskan otot-otot yang sakit.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar