18/12/11

Keuntungan Memiliki Sahabat

Banyak yang mengatakan hubungan persahabatan antar wanita bisa dikatakan lebih erat. Lebih dari sekedar sahabat yang kita ketahui.

Hal ini ternyata memberikan beberapa manfaat unik bagi Anda. Bukan hanya bermanfaat bagi kondisi psikologis tetapi juga bagi kesehatan fisik

Beberapa penelitian, seperti dilansir dari Oprah.com, menemukan keuntungan memiliki sahabat.

Ingin tahu apa saja keuntungan yang didapatnya ?

1. Membuat Anda lebih berani

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Experimental Social Psychology, mengungkap seseorang akan lebih berani menghadapi masalah saat bersama dengan sahabatnya. Percobaan dilakukan dengan meminta responden untuk berdiri di dasar bukit yang curam.
Mereka lalu diminta memperkirakan betapa sulitnya untuk mendaki. Diketahui, responden yang bersama dengan teman, cenderung lebih berani dan optimis untuk mendaki.

2. Penyakit jadi kurang mematikan
Dukungan sahabat juga bisa membuat risiko kematian seseorang akibat penyakit bisa berkurang, umur pun jadi lebih panjang. Ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Harvard, Amerika Serikat. Diketahui bahwa pasien kanker payudara yang tak memiliki sahabat empat kali lebih mungkin meninggal.

Hal tersebut jika dibandingkan pasien yang memiliki banyak sahabat. Penelitian juga menunjukkan kalau dukungan sosial dari teman dan sahabat dapat menurunkan risiko darah tinggi, pikun dan mengurangi risiko depresi.

3. Pengaturan stres jadi lebih baik

Ketika wanita mengalami stres, otak akan melepaskan oksitosin, yang membuat perasaan lebih baik. Hal ini memicu wanita mencari dukungan dari teman, hubungan jadi lebih dekat, stres pun bisa diatasi dengan baik.

"Respon wanita jauh lebih efektif dalam mengurangi stres, mungkin ini salah satu alasan wanita cenderung hidup lebih lama dibandingkan pria," kata Terri Apter, PhD, profesor psikologi di Universitas Cambridge.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar