24/03/12

Pria Berisiko Terkena Kangker Payudara

Penyakit kangker memang salah satu penyakit yang mengerikan dan mempunyai resiko kematian tinggi. kangker payudara juga banyak dikhawatirkan oleh para wanita, tapi pria ternyata beresiko terkena kenker payudara. Hal ini dikatakan dokter onkologi RSPAD Gatot Soebroto, dr Saptadi Setia Basuki Sp B Onk. "Pria juga beresiko. Namun memang tidak sebesar pada wanita," kata Saptadi pada seminar Deteksi Dini Kunci Pencegahan dan Penanganan Kanker Payudara.

Pada umumnya pengetahuan tentang kangker payudara hanya dimiliki oleh kaum wanita saja, para pria tidak berpikir akan terkena atau kemungkinan mengalami kangker payudara ini. Para pria sebaiknya berhjati hati terhadap payudara masing masing.

Walaupun begitu, kanker payudara pada pria lebih agresif dibanding wanita. Hal ini dikarenakan ukuran payudara pria yang lebih kecil daripada wanita. Sehingga, sel kanker pada pria lebih mudah menyebar ke organ yang lain. Sel kanker payudara biasanya menyebar ke paru-paru, tulang belakang, dan hati.

Kanker payudara, saat ini menjadi pembunuh nomer satu wanita Indonesia. Saptadi mengatakan, angka prevelensi kanker payudara sampai saat ini belum diketahui. "Yang jelas kanker payudara posisinya ada di atas kanker serviks," ujarnya.

Gejala kanker ini ditandai munculnya benjolan di daerah payudara atau ketiak. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa sakit. Ketika benjolan ini mulai dirasakan ada, Saptadi menyarankan untuk segera memeriksakan diri. "Pemeriksaan yang sesegera mungkin, meningkatkan kemungkinan sembuh pada pasien," katanya.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar