29/01/12

Awas Mata Kita kena Ectropion

Ectropion adalah suatu kondisi di mana kelopak mata, meninggalkan permukaan kelopak mata bagian dalam terbuka dan rentan terhadap iritasi. Ectropion terjadi terutama pada lansia. Dalam ectropion parah, seluruh segmen kelopak mata yang terkena. Ketika ectropion kurang parah, hanya satu segmen dari sags kelopak mata jauh dari mata.

Air mata buatan dapat membantu meringankan gejala yang disebabkan oleh ectropion sampai dapat melakukan operasi untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Penyebab

Ectropion dapat memiliki beberapa penyebab yang berbeda, termasuk:

1. Kelemahan otot
2. Kelumpuhan wajah
3. Bekas luka atau masalah kulit
4. Pertumbuhan kelopak mata
5. Sebelumnya pernah menjalani operasi, radiasi, atau prosedur kosmetik
6. Penurunan berat badan cepat
7. Kongenital ectropion

Gejala

Biasanya, bila berkedip, kelopak mata mendistribusikan air secara merata di seluruh mata. Sehingga menjaga menyebabkan kelopak mata tetap terlumasi. Air mata mengalir ke dalam lubang kecil di bagian dalam kelopak mata (puncta). Bila memiliki ectropion, kelopak mata bawah menarik diri dari mata dan air mata tidak mengalir ke puncta dengan benar, menyebabkan sejumlah tanda dan gejala, antara lain:

1. Iritasi
2. Robek
3. Kekeringan berlebihan, terkadang dengan sensasi seperti berpasir

Pengobatan

Obat tetes mata dan salep dapat digunakan untuk mengelola gejala dan melindungi kornea hingga pengobatan permanen dilakukan. Sebagian besar kasus ectropion memerlukan operasi. Perawatan yang dapat dilakukan untuk kondisi ini, antara lain:

1. Peregangan jaringan parut

Perawatan ini dapat dipertimbangkan jika ectropion disebabkan oleh perkembangan bekas luka yang pengetatan atau menarik kulit. Memijat jaringan parut atau menyuntikkan steroid dapat membantu untuk memodifikasi bekas luka dan meringankan ectropion tersebut. Namun, metode ini mungkin tidak efektif.

2. Operasi

Ada beberapa teknik bedah yang berbeda untuk ectropion, tergantung pada penyebab dan kondisi dari jaringan sekitarnya kelopak mata. Sebelum operasi, pasien akan menerima anestesi lokal untuk mematirasakan mata dan daerah di sekitarnya.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar