29/01/12

Kenali Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hantavirus pulmonary syndrome adalah penyakit menular gangguan pernapasan yang ditandai dengan gejala seperti flu yang dapat berkembang dengan cepat untuk berpotensi mengancam jiwa. Beberapa jenis hantavirus dapat menyebabkan hantavirus pulmonary syndrome. Virus ini dibawa oleh beberapa jenis hewan pengerat, terutama tikus.

Pasien akan menjadi terinfeksi terutama oleh karena menghirup udara yang terinfeksi dengan hantavirus yang mengandung urin dan kotoran tikus. Karena pilihan pengobatan terbatas, perlindungan terbaik terhadap hantavirus pulmonary syndrome adalah untuk menghindari tikus dan habitatnya.

Penyebab

Setiap jenis hantavirus biasanya dibawa oleh tikus. Tikus adalah pembawa utama dari virus yang bertanggung jawab untuk kebanyakan kasus hantavirus pulmonary syndrome di Amerika Utara. Hantavirus lainnya termasuk tikus putih berekor dan tikus padi kapas.

Pasien akan menjadi terinfeksi terutama oleh karena menghirup udara yang terinfeksi dengan hantavirus yang mengandung urin dan kotoran tikus. Aerosolisasi terjadi ketika virus yang berada udara, sehingga mudah untuk terhirup.

Setelah menghirup hantaviruses dari udara, maka virus tersebut akan mencapai paru-paru dan mulai menyerang pembuluh darah kecil yang disebut kapiler, akhirnya menyebabkan pembuluh bocor. Paru-paru kemudian banjir dengan cairan, yang dapat memicu salah satu masalah pernapasan yang terkait dengan hantavirus pulmonary syndrome.

Gejala

Hantavirus pulmonary syndrome dapat melalui dua tahap yang berbeda. Pada tahap pertama, pasien mungkin mengalami flu seperti tanda dan gejala yang mungkin mencakup:

1. Demam dan menggigil
2. Sakit kepala dan nyeri otot
3. Muntah, diare atau sakit perut

Pada tahap awal, infeksi hantavirus sulit untuk membedakan dari influenza, pneumonia atau kondisi virus lainnya. Setelah 3-7 hari, tanda dan gejala yang lebih serius dapat timbul. Tanda dan gejala tersebut biasanya meliputi:

1. Batuk yang memproduksi sekresi
2. Sesak napas
3. Cairan terakumulasi dalam paru-paru
4. Tekanan darah rendah
5. Mengurangi efisiensi jantung


Pengobatan

Pilihan pengobatan khusus untuk hantavirus pulmonary syndrome terbatas. Tetapi prognosis membaik dengan pengenalan dini, rawat inap segera dan dukungan yang cukup untuk pernapasan. Beberapa pilihan pengobatan tersebut dapat mencakup:

1. Terapi suportif

Orang dengan kasus yang parah memerlukan perawatan segera di unit perawatan intensif. Bantuan pernafasan, baik melalui intubasi atau ventilasi mekanik, dapat membantu dengan pernapasan dan menangkal edema paru. Intubasi melibatkan menempatkan tabung bernapas melalui mulut, hidung atau trakea untuk membantu menjaga saluran udara terbuka dan berfungsi.

2. Oksigenasi darah

Dalam kasus yang sangat parah paru dapat tertekan, maka pasien akan memerlukan metode yang disebut membran extracorporeal oksigenasi untuk membantu memastikan tubuh mempertahankan kecukupan pasokan oksigen. Prosedur ini melibatkan memompa darah melalui mesin yang menghilangkan karbon dioksida dan menambah oksigen. Darah beroksigen kemudian dikembalikan ke tubuh.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar