31/01/12

Fakta Karbohidrat Pengaruhi Diet

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kita santap tiap harinya. Karbohidrat merupakan bahan kimia yang terdapat dalam tumbuhan maupun hewan. Melaui proses fotosintesis tumbuhan dapat mengubah karbon karbondioksida (CO2) menjadi karbohidrat, baik itu dalam bentuk selulosa, pati dan jenis gula-gula lainnya.

6CO2 + 6H2O → C6H12O6 + 6O2
karbon dioksida air Gula glukosa oksigen

Zat gizi ini dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi. Selain itu karbohidrat juga dapat berfungsi sebagai bahan pembentuk protein dan lemak juga menjaga keseimbangan asam dan basa.
Karbohidrat dibedakan menjadi karbohidrat sederhana dan karbohidrat majemuk. Karbohidrat sederhana disebut juga monosakarida, seperti glukosa dan fruktosa. Karbohidrat majemuk yaitu oligosakarida seperti gula tebu atau sukrosa (gabungan glukosa dan fruktosa) dan polisakarida merupakan karbohidrat yang mengandung ratusan bahkan ribuan satuan monosakarida, seperti pati dan selulosa dan glikogen.

Kite kenali Karbohidrat ada dua macam :

Karbohidrat baik

Karbohidrat memainkan peranan yang penting dalam rencana diet sehat. Walaupun begitu, ada karbohidrat yang baik dan karbohidrat yang buruk. Apabila Anda mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat buruk, berat badan Anda akan naik.  Karbohidrat yang buruk mencakup tepung putih, nasi putih, alkohol, kentang, dan jagung. Karbhoidrat yang baik mencakup whole sereal, nasi wholegrain, lentils, dan kacang panjang. Karbohidrat yang baik juga mencakup buah-buahan dan sayur-sayuran. Serat juga memegang peranan penting dalam merencanakan diet sehat dan ditemukan pada karbohidrat baik. Serat membantu sistem pencernaan dan kaya akan vitamin dan mineral. Serat dapat melindungi tubuh terhadap berbagai jenis kanker. Makanan modern saat ini mengandung serat dalam jumlah yang sangat rendah dibandingkan yang seharusnya.

Karbohidrat Jahat

Gula adalah bentuk karbohidrat yang paling buruk. Gula dapat membahayakan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan, penyakit jantung, diabetes, kelelahan, gangguan pencernaan, dan kerusakan gigi.  Gula juga tidak memiliki nilai nutrisi yang penting. Tubuh kita tidak membutuhkan gula karena tubuh sendiri dapat memproduksi gula. Roti yang dibuat dari tepung yang telah direfinasi, atau roti putih, tidak menguntungkan bagi kesehatan. Roti putih hanya memberi energi dan menaikkan berat badan. Makin putih sebuah roti, semakin buruk manfaatnya bagi kita. Roti putih sebaiknya tidak dimasukkan dalam rencana diet sehat. Kentang kehilangan kebanyakan fungsi baiknya ketika dikupas dan dimasak, sehingga kecuali Anda ingin memakannya mentah, kentang tidak baik bagi Anda! Apalagi, kentang yang digoreng dengan lemak/minyak jenuh dapat membuatnya semakin tidak sehat, dan sebaiknya tidak dimasukkan dalam rencana diet sehat. Roti putih dan pasta yang non-wholewheat telah direfinasi sehingga tidak memiliki nutrisi penting selain kalori.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar