12/12/11

Semangka Penghancur Batu Ginjal

SEMUA makhluk ciptaan Tuhan selalu mendambakan hidup sehat baik lahir juga batin. Upaya yang dapat ditempuh diantaranya dengan pola hidup yang baik dan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan, mulai yang berserat hingga yang tidak berserat, yang dapat menetralisasi kadar lemak dalam tubuh.

Di antara sekian ribu jenis buah-buahan dan tanaman, Allah menciptakan semangka. Buah dengan penampilan yang sangat menarik, baik bentuk maupun warnanya. Saat dibelah warna merah merona atau kuning menawan mengundang gairah untuk segera menikmatinya.
Buah ini menjadi pelengkap yang disukai banyak orang, baik disajikan sederhana secara alami, dijadikan pelengkap sop buah, atau dijadikan jus. Semangka ini sangat cocok dimakan sebagai penghilang dahaga dimana cuaca saat terik.

Antioksidan
Semangka atau dalam bahasa latin Citrallus lanatus merupakan sumber alami antioksidan kuat yang disediakan oleh kekayaan alam sebagai sumber yang baik bagi antioksidan pada vitamin C dan A sebagai pelindung dari berbagai penyakit. Selain itu dapat mengurangi resiko dehidrasi.
Semangka mengandung sekitar 6% gula alami dan 93,4% air. Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin A, B6, dan C yang merupakan sumber senyawa pada thiamin, kalium, magnesium, dan sejumlah besar citrulline --asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daging semangka rendah kalori dan mengandung air sebanyak 93,4%, protein 0.5%, karbohidrat 5,3%, lemak 0,1%, serat 0,2%, abu 0,5%, dan vitamin (A, B dan C). Selain itu, juga mengandung asam amino sitrullin (C6 H12 N3 O3), asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen (C40 H56), Karoten, bromin dan sukrosa.
Biji semangka memiliki zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20-45%, protein 30-40%, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin sehingga pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Menurut ahli jazirah Arab, kulit, daging, dan biji semangka memiliki banyak manfaat. Kandungan air yang banyak dihasilkan dari zat yang terdapat dalam buah semangka berfungsi sebagai anti racun dalam tubuh dan mengandung air sehingga dapat menyehatkan tubuh manusia.
Yang sangat menarik lagi, daging buahnya yang manis rasanya menyegarkan tenggorokan di sela sela sedang merasa haus. Semangka juga memiliki daya tarik-menarik ke meridian jantung, lambung, dan kandung kemih.

Atasi batu ginjal
Biji semangka rasanya manis, sifatnya netral. Semangka berkhasiat pada penyakit diuretik, antiradang, membersihkan usus, terutama dapat menyembukan penyakit berbagai penyakit yang jenis keluhan terdapat batu pada organ tubuh manusia seperti batu ginjal, berbagai penyakit pada saluran pencernaan.

Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi dan dapat membantu kerja jantung dan menornalkan tekanan darah. Likopen merupakan kaliumnya cukup tinggi yang dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.

Bagi anda yang memiliki keluhan batu ginjal (batu pada empedu) dan berbagai penyakit yang tertera di atas dapat mencoba juice semangga (terutama kulit semangka) secara rutin pagi hari sebelum makan juga sebelum tidur.

Kemudian bagaimana cara kita memilih semangka pada saat membelinya, karena tidak kelihatan isi dalamnya. Ketuklah pada lapisan luar buah semangka tersebut jika terdengar bunyi ketukan maka semangka itu baik untuk dikonsumsi

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar