27/03/12

9 Resep Jitu Pulihkan Sakit Hati

Perasaan terpuruk dengan luka patah hati yang sedang membelenggu hidup Anda ? Segera bangkit dari keterpurukan tersebut demi memulihkan hidup Anda menjadi kembali positif. Patah hati tak kalah berbahayanya dengan penyakit mematikan lainnya. Jika tak segera ditangani, keterpurukan yang mendalam akan dirasakan orang tersebut.

Tenggelam dalam sumur luka memang tak mengenakkan karena membuat hidup seakan terhenti sementara waktu. Tak jarang, orang yang terserang patah hati membuat mereka memilih hilang dari kehidupan sesaat.

Sebenarnya ini bukanlah langkah efektif untuk dilakukan. Meski tak harus melawannya sekuat tenaga, namun memiliki keinginan kuat untuk bangkit dan memulai kehidupan baru menjadi cara terbaik untuk menghilangkan luka hati tersebut. Tak ada waktu khusus untuk menyembuhkan seseorang dari luka patah hati. Hal tersebut hanya bergantung pada kekuatan keinginan Anda untuk segera meninggalkan dunia kesedihan itu

Nah, apakah Anda ingin segera membuka lembar baru dan melupakan luka hati yang menyerang Anda? Lakukan langkah berikut seperti dipaparkan Shine.



1. Kenali patah hati Anda
Mungkin Anda tergoda untuk segera melewatinya lebih cepat meski rasa sakit yang menyerang begitu keras. Dalam menghadapi hal ini, sebaiknya Anda tidak memaksanakan diri dan tidak memikirkan efek jangka panjang yang diakibatkan dari pemaksaan tersebut. Dalam hal ini dibutuhkan keberanian untuk berani bersedih demi sebuah kebahagiaan dan ketenangan. Tentu saja tak ada yang mau merasakan di posisi ini. Namun kesedihan sebenarnya mengajarkan Anda untuk menyelesaikan sesuatu hal di lain waktu secara lebih cepat ketimbang memaksa untuk melawannya.

2. Berdamai dengan pikiran negatif
“Meditasi adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan membantu menangani kecenderungan untuk menyalahkan diri sendiri dari hal-hal negatif,” kata Piver, seorang praktisi Buddhist. Pendekatan lain yang dapat dilakukan adalah melaju terus untuk membiarkan pikiran Anda bangkit dan terbebas dari permasalahan masa lalu. Anda dapat mengenang kesalahan di masa lalu sebagai sebuah pembelajaran.  Cukup akui terhadap diri sendiri atas apa yang Anda rasakan tanpa menarik kesimpulan negatif atas hal tersebut. Ini akan memungkinkan Anda untuk memproses kesedihan lebih cepat dan kembali kepada keadaan normal secara lebih seimbang.


3. Mendengarkan musik
Penelitian menunjukkan bahwa musik memiliki efek terapi yang baik. Nyalakan musik favorit demi memerbaiki situasi hati Anda. Hal ini dapat berfungsi sebagai pelepasan endorphin yang akan mengangkat semangat Anda dan memerangi stres.

5. Ketahui perbedaan antara kesedihan dan depresi
Seringkali perbedaan diantara keduanya memang beda tipis. Patah hati yang normal terkadang dapat berubah menjadi depresi akut. Lantas bagaimana membedakannya? Dalam depresi, Piver, seorang praktisi Buddhist menulis bahwa tanda-tanda dari depresi adalah Anda secara terus menerus tanpa henti memikirkan tentang perpisahan cinta Anda. Bahkan Anda sendiri tak dapat menghentikan pikiran Anda dari siksaan pikiran yang menyakitkan tersebut.

6. Kenanglah kebaikan yang pernah mantan Anda berikan
Langkah paling ampuh yang dapat Anda ambil dalam penyembuhan diri sendiri adalah memerluas cinta kasih terhadap mantan kekasih Anda. Meskipun tampaknya ini berlawanan dengan sakit hati yang tengah Anda rasakan, namun proses tersebut dapat membuat orang lebih stabil dan berdamai dengan pikiran batin. Anda memang tidak perlu langsung memaafkan atau melupakan kesalahan fatal yang dibuat mantan Anda atau tetap berhubungan dengannya. Sebaliknya, Anda  hanya perlu fokus untuk melepaskan kemarahan semata. Duduklah di tempat yang tenang dan nyaman selama beberapa menit. Hal ini akan membuat Anda tenang, bahagia, sehat, dan damai.

7. Tulislah kisah hubungan Anda
Lakukan poin ini dengan melihat dari sudut pandang orang ketiga. Pertama, ceritakan tentang bagaimana pertemuan tersebut terjadi dan akhirnya mereka jatuh cinta. Kemudian, tulislah tentang kisah cinta dan bagaimana hal tersebut mulai tumbuh. Akhirnya, ceritakan kisah tentang perpisahan yang menyakitkan tersebut.

8. Melarikan diri pada bacaan
Menyempatkan diri ke toko buku dan memilih bacaan favorit menjadi langkah efektif yang dapat dilakukan. Anda akan menciptakan situasi yang lebih kondusif untuk hati Anda. Atau cara lainnya cobalah untuk menumpahkan berbagai hal yang mengganjal di hati untuk melapangkan hati Anda. Biarkan patah hati tersebut menyerang Anda namun tidak  membuat Anda tenggelam dalam luka tersebut  berkepanjangan.


9. Berikan cinta Anda pada orang sekitar
Patah hati tak berarti membuat Anda menyerah untuk membagi cinta kepada siapapun. Ingatlah bahwa selalu ada kesempatan untuk mencintai. Hal ini tinggal bagaimana Anda menyeimbangkan kesedihan dan kemarahan dari patah hati Anda untuk berhadapan dengan situasi dan berinteraksi dengan orang-orang.

Itulah rahasianya, semoga pembaca tidak mengalaminya atau tidak akan pernah merasakan sakit hati.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar