27/03/12

Kekuatan Suara Pria Menandakan Kejantanan

Tipe suara pria bisa bermacam-macam, keras, cempreng ataupun ngebass. Peneliti mengungkapkan suara pria melambangkan kejantanan, karena suara bisa memprediksi kekuatan pria yang sebenarnya.

Hasil penelitian dari Proceedings of the Royal Society B menemukan bahwa kekuatan tubuh pria secara akurat dapat dinilai berdasarkan suaranya.

Penelitian yang dilakukan pada empat populasi (baik pria maupun wanita) dari kelompok bahasa berbeda ini, mencatat ukuran dan kekuatan tubuh partisipan dalam setiap kelompok. Partisipan juga melaporkan berapa banyak perkelahian yang pernah dilakukannya selama 4 tahun terakhir.

"Suara bisa melambangkan kekuatan dalam pertarungan fisik," ujar Santa Barbara, peneliti dari University of California, seperti dilansir dari CNN.

Penelitian ini menemukan bahwa untuk sampel data yang tersedia, semakin tinggi suara pria, ternyata semakin besar kemampuannya dalam perkelahian, yang dilaporkan dalam empat tahun tahun tersebut.

Selain itu, terlepas dari bahasa yang digunakan dalam sampel berbicara, prediksi yang akurat untuk kekuatan fisik berlaku untuk partisipan pria, tetapi tidak untuk partisipan wanita.

Hasil ini mendukung ide bahwa suara manusia, khususnya suara pria, memiliki tanda-tanda kekuatan fisik, dan manusia telah berevolusi untuk dapat memprediksi kemampuan berkelahi berdasarkan isyarat ini.

Hal ini memiliki manfaat besar bagi nenek moyang manusia sejak zaman dahulu kala. Suara dijadikan informasi agar dapat bertahan hidup, yaitu dengan memilih orang-orang yang dapat bertarung dan bersaing dalam sebuah pertempuran demi melindungi keluaranya.

.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar