30/03/12

Petunjuk Merawat Kuku Kaki

Merawat kuku kaki dengan baik akan mempercantik kaki tatkala tampil dengan kaki terbuka. Perawatan kuku kaki harus hati hati, karena Kuku kaki memang bagian tubuh yang tersembunyi, tapi bukan berarti kuku kaki tidak harus diperhatikan kebersihan dan keindahannya. Justru menjaga kebersihan dan merawat kuku kaki adalah salah satu hal penting supaya kuku terlihat cantik dan terhindar dari kuman.

Inilah beberapa cara perawatan mempercantik kuku kaki

1. Potong kuku kaki secara teratur, tidak terlalu dalam dan tidak melebihi batas kuku bebas (ujung kuku) dan bagian kulit yang menyangga ujung kuku (hiponikium)


2. Jangan mencongkel-congkel sisi kuku yang berbatasan dengan kulit, karena dapat menyebabkan infeksi (bisa bengkak dan bau).


3. Jaga kuku kaki tetap kering. Bagi seseorang yang pekerjaannya menuntut selalu berada di air, usahakan mengeringkannya segera setelah tidak bersentuhan dengan air.


4. Bersihkan kuku kaki setiap mandi dengan sabun dan gosok sela-sela jari hingga bersih.


5. Jangan membiasakan menggunakan pewarna kuku atau kuteks meskipun itu bagian dari fashion. Pewarna kuku atau kuteks mengandung zat-zat yang dapat mematikan sel-sel kuku.


6. Gunakan krim khusus kuku untuk mencegah kuku dari kekeringan dan jangan menggunakan penghapus pewarna kuku yang mengandung bahan kimia


7. Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.


8. Untuk menghapus noda pada kuku, rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diberikan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.


.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar