27/03/12

Penyebab Gagal Diet

Banyak wanita yang menjalankan diet. Namun bentuk tubuh tidak kunjung ideal, malahan semakin bertambah berat. Mengapa demikian? Itu berarti Anda menjalankan diet yang salah. Diet yang salah bisa disebabkan dari pola makan yang kurang tepat. Pola seperti apa yang membuat hasrat makan Anda jadi tidak terkontrol?

1. Membiarkan Perut Kelaparan
Makan ketika kelaparan tidak dianjurkan oleh para ahli gizi. Mereka menyarankan untuk makan justru sebelum lapar. Makan saat lapar akan memicu Anda untuk melahap makanan secara berlebihan. Dalam situasi ini, orang cenderung makan jauh lebih banyak melebihi batas perut. Inilah alasan mengapa diet terlalu ketat tidak dianjurkan, yang malah berujung pada kegemukan.

2. Gampang Meraih Makanan
Jika camilan Anda taruh begitu saja di atas meja, maka seluruh makanan tersebut dapat habis dalam sekejap. Perhatikan, jika Anda menyimpan makanan yang cukup banyak dalam laci dan tidak terlihat, makanan akan lebih lama habisnya. Jadi, pastikan Anda tidak menaruh makanan yang dapat dengan mudah terjangkau.

3. Makan di Piring Besar
Jika Anda makan dalam piring besar, kemungkinan Anda akan mengambil makanan dalam porsi besar juga. Tumpukan makanan yang ada dalam piring pasti akan dihabiskan oleh Anda. Sebenarnya ini hanya ilusi mata. Jika Anda makan dengan piring kecil, Anda juga akan cepat merasakan kenyang karena makanan terlihat banyak hingga memenuhi piring.

4. Makan dengan Cepat
Makan dengan perlahan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dibanding makan dengan cepat. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian. Diungkapkan bahwa saat makan perlahan, otak punya waktu lebih banyak untuk menghantarkan rasa kenyang dan menyuruh Anda berhenti makan. Agar dapat terkontrol, kunyahlah makanan sebanyak 15 sampai 20 kali. Berhenti sebentar sebelum menyuap makanan lagi.

5. Makan Sambil Beraktivitas
Makan sambil melakukan aktivitas membuat Anda tidak fokus dengan makanan yang tersaji. Sehingga tanpa sadar Anda terus melahapnya. Maka dari itu, hindarilah makan, terutama makan camilan sambil menonton TV, bekerja di depan komputer atau membaca buku.

 .

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar