10/02/12

Bagaimana Munculnya Tumbuhan di Atas bumi ?

Tumbuhan di atas bumi kita jumpai sehari hari, tapi bagaimana munculnya Tumbuhan di Atas Bumi ini kita tidak banyak yang membahasnya. Para sarjana dan ilmuwan memperkirakan bahwa terdapat kehidupan di atas bumi ini untuk pertama kalinya pada waktu  lebih dari pada dua bilyun tahun yang lampau, maka satu satunya bentuk kehidupan tumbuh tumbuhan ialah yang  terdapat dilaut. Keadaan tanah pada waktu itu serba tandus dan tidak ada kehidupan.

Lalu kira” pada 425.000.000 tahun yang lampau beberapa tumbuhan hijau yang kecil muncul diatas dataran. Mereka mungkin berkembang dari sejenis rumput hijau yang  tumbuh dilaut (algae), yang kita sebut ganggang laut. Tumbuhan darat yang pertama tampak mirip benar dengan jenis lumut dan ganggang, yang dapt disaksikan bisa hidup ditempat tempat yang lembab dan dinaungi bayangan.

Kira” 400.000.000 thaun lalu munculah tumbuh”an yang lebih rumit coraknya. Tumbuhan ini bentuknya mirip dengan tumbuhan pakis kita masa kini, tunbuhan ekor kuda dan sejenis lumut besar. Tumbuhan pakis merupakan tumbuhan pertama yang mempunyai akar, batang, dan daun daunan.

Menjelang zaman binatang dinaosaurus mengembara pertama kalinya dibumi, maka  erdapatlagh hutan yang luas, yang terdiri dari tumbuhan jenis pakis, ginggu, sisad, dan korditil menutupi daratan. Tumbuhan ini lagh merupakan tanaman yang pertama yang berkemabang biak dengan cara mnggunakan perantaraan biji bijianan.

Tumbuhan pertama yang mengandung bunga bungaan berkemabang kira” 150.000.000 tahun yang lampau. Biji”an yang terlindung dengan baik sangt mnguntungkan bagi tumbuhan yang biji bijinya bercorak polos terbuka, dan jumlah tumbuhan berbunga ini pun makin lama makin bertambah jumlahnya. Sekarang ini tumbuhan” yang mngandung bunga hamper dapat kita temukan dimana mana.
.

Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat azberita.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar